Senin, 25 Desember 2017

Media PJOK Kelas Rendah




Kompetensi Dasar PJOK Kelas II:
3.2 Memahami variasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

4.2 Mempraktikkan variasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.



Pengertian Karpet CATATAN (Cari Kata Cekatan)
      CATATAN adalah singkatan dari Cari Kata Cekatan, dimana media ini bertujuan mengenalkan gerak lokomotor maupun nonlokomotor dalam bentuk permainan mencari huruf-huruf dari suatu kata dalam bentuk karpet.



Fungsi Permainan Karpet CATATAN (Cari Kata Cekatan)

  • Sebagai media pembelajaran integrasi dari mata pelajaran Bahasa Indonesia dan PJOK.
  • Untuk melatih ketangkasan dan kecepatan motorik peserta didik.
  • Untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. 


Alat dan Bahan Pembuatan Karpet CATATAN (Cari Kata Cekatan)
a.       Alat:
  •  Komputer (dengan software Photoshop / Coreldraw / Paint)
b.      Bahan:
  • Banner.
  •  Tinta Banner.

Spesifikasi Karpet CATATAN.








  • Jumlah kotak dalam karpet adalah 7 x 6 = 42 kotak. Horizontal berjumlah 7 kotak dan Vertikal berjumlah 6 kotak.
  •   Ukuran karpet. Panjang = 1.5 m, dan lebar = 2 m.
  • Ukuran perkotak. Panjang = 30 cm dan lebar = 35 cm. Dibuat kotak dengan panjang dan lebar sekian dengan alasan karena kaki anak kelas rendah rata-rata berukuran 19 – 20 cm, sehingga kotak tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar untuk diinjak oleh anak - anak.
  •  Jumlah huruf-huruf di karpet adalah sebagai berikut A = 3, B = 3, C = 1, D = 2, E = 2, F = 1, G = 2, H = 1, I = 2, J = 2, K = 2, L = 1, M = 2, N = 1, O = 2, P = 2, Q = 1, R = 1, S = 2, T = 2, U = 2, V = 1, W = 1, X = 1, Y = 1, Z = 1.
  • Dibuat huruf dengan jumlah sekian karena anak – anak kelas rendah belum mengenal banyak kosakata dan guru juga dituntut kreatif dalam membuat kosakata itu, sehingga jumlah huruf disesuaikan dengan kosakata yang digunakan.
  • Diberi warna pada setiap kotak dengan tujuan supaya karpet terlihat menjadi lebih menarik dan tidak monoton.
  • Bahan yang digunakan adalah banner. Alasan menggunakan banner karena banner bersifat waterproof. Karpet juga aman digunakan diluar atau dalam kelas.
  • Biaya yang dihabiskan untuk membuat Karpet CATATAN adalah Rp. 100.000,-.


Cara Pembuatan Karpet CATATAN (Cari Kata Cekatan)

  • Membuat pola berupa kotak sebanyak 36 kotak (6 x 6) menggunakan shape di Photoshop  Coreldraw / Paint. Untuk ukuran setiap kotak dapat bervariasi sesuai kebutuhan.






  •  Add Texts atau menuliskan satu huruf di dalam masing-masing kotak, pastikan seluruh alfabet dari A-Z ada di setiap kotak, seperti contoh dibawah ini:


  • Untuk membuat karpet tidak terlihat monoton, insert colors pada setiap kotak sesuai dengan keinginan.



  • Save data pola yang telah dibuat dan pastikan format data adalah JPEG/JPG, GIF atau PNG (format untuk gambar / foto).
  • Kemudian print pola karpet yang telah dibuat dan disimpan dengan format gambar / foto tersebut dalam bentuk banner berukuran 2 meter x 2,5 meter.
 
Perlengkapan Permainan Karpet CATATAN (Cari Kata Cekatan)
            Perlengkapan yang dibutuhkan dalam permainan Karpet CATATAN (Cari Kata Cekatan) adalah tentunya lapangan atau ruangan yang memungkinkan dan layak untuk dilaksanakannya permainan ini, minimal ukuran lapangan adalah sekitar 4 meter x 4 meter. Kemudian diperlukannya juga papan placard atau kertas bergambar sebagai petunjuk untuk kata dan huruf-huruf yang membentuk kata tersebut.
            Perlengkapan lainnya adalah pluit, yang akan digunakan guru sebagai aba-aba agar anak berhenti bernyanyi dan segera mencari huruf dari kata pada gambar yang telah ditunjukkan oleh guru.


 Peraturan Permainan Karpet CATATAN (Cari Kata Cekatan)
  • Seluruh siswa berdiri mengelilingi dan diluar karpet CATATAN, sekitar 50cm – 1 meter dari karpet.
  • Seluruh siswa berputar mengitari karpet CATATAN seraya menyanyikan lagu yang diperintahkan guru.
  • Ketika siswa mendengar suara pluit, siswa segera melihat petunjuk berupa gambar yang ditunjukkan oleh guru.
  • Siswa harus dengan cekatan menebak apa yang ada digambar tersebut, mencari dan menduduki huruf dari kata yang ada digambar. Misalnya, guru menunjukkan gambar kucing, maka siswa harus segera mencari huruf k, u, c, i, n, g. Karena kata “kucing” terdiri dari 6 huruf, maka akan menghasilkan 6 siswa tercepat yang berhasil menduduki huruf-huruf tersebut.
  • Bagi siswa yang tidak berhasil menduduki huruf yang tepat, maka akan dikenakan hukuman berupa; lari mengitari karpet sebanyak dua kali, berjalan jongkok sejauh 2 meter atau lompat katak sebanyak 3 kali.
  • Kemudian guru menanyakan siswa mengenai informasi yang mereka ketahui tentang gambar yang telah ditunjukkan.













1 komentar:

  1. casino - DrmCD
    Welcome 광명 출장마사지 to DrmCD casino and casino page. This page is regularly updated and 동해 출장마사지 you can find the latest news. 양주 출장마사지 All 익산 출장마사지 important information 화성 출장마사지 about the casino  Rating: 4.2 · ‎22 votes

    BalasHapus